MEDIA PROMOSI MOBIL ANDA

Mobil bekas
Lirik Lagu Sinopsis Film Gaya Hidup
Blackberry LG Mobile Nokia Samsung Sony Ericsson
Klasemen L.Italia Klasemen L.Inggris Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Inggris
Resto Enak di Jakarta Resto Romantis di Jkt Hokben Delivery Bakmi GM Delivery PHD - Pizza Hut
Sabtu, Januari 24, 2009 | Sabtu, Januari 24, 2009 | 0 Comments

Kontribusi Bidan Dalam Program Desa Siaga


Tingginya angka kematian dan kesakitan :
AKI dan AKB masih tinggi, Gizi buruk, Bencana alam, KLB, Kecelakaan, Penyakit infeksi, Penyakit degenerative, Kecelakaan, dll. Berbagai hal, seperti kendala geografis, sosiologis, dan budaya. Kesehatan bagi sebagaian penduduk yang terbatas kemampuannya serta yang berpengetahuan dan berpendapatan rendah masih perlu diperjuangkan secara terus menerus dengan cara mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan memberdayakan kemampuan masyarakat.

Maka Untuk itu diperlukan upaya terobosan yang memiliki daya ungkit guna
meningkatkan derajat kesehatan bagi seluruh penduduk desa dengan memberikan upaya pendidikan pelatihan pengembangan desa siaga.Desa siaga adalah desa yang memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah - masalah kesehatan (bencana dan kegawat-daruratan kesehatan.

Adapun Tujuan dari Pelaksanaan Kegiatan pelatihan adalah Terwujudnya desa dengan masyarakat yang sehat, peduli dan Tanggap terhadap masalah-masalah kesehatan(bencana dan kegawat daruratan kesehatan) di desanya.
Meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya kesehatan
Meningkatnya kemampuan dan kemauan masyarakat desa utntuk menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan.
Meningkatnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap risiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan(bencana, wabah penyakit, dsb).
Meningkatnya kesehatan lingkungan di desa.
Sasaran dari kegiatan pelatihan ini adalah pelaku-pelaku masyarakat yang mempunyai peran strategis untuk dapat mengembangkan program desa siaga tersebut, yaitu ; Toma dan kader.
Semua individu dan keluarga di desa, yang diharapkan mampu melaksanakan hidup sehat, peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayah desanya. Pihak-pihak yang mempunyai pengaruh terhadap perilaku individu dan keluarga di desa atau dapat menciptakan iklim yang kondusif bagi perubahan perilaku yaitu : tokoh - tokoh pemerintahan / masyarakat / agama / perempuan /pemuda, pkk, karang taruna, media massa dan pihak-pihak yang diharapkan memberikan dukungan kebijakan pemerintah, tenaga dan sarana, yaitu : kepala desa, camat, pejabat pemerintah lainnya.
Dilihat dari permasalahan yang di paparkan diatas maka Petugas pelayanan kesehatan khususnya bidan- bidan yang ada di desa mempunyai tanggung jawab penuh atas keberhasilan program pemerintah atas pengembangan desa siaga di masing-masing daerah. Dan keikutan serta lintas sektoral melengkapi tugas guna tercapainya keberhasilan dalam pengembangan desa siaga tersebut. Soryy ya....kayak Kepala Dinas aja ngomongnya.......

EEE... uda ya ...posting nya entar lagi kita sambungin soalnye ngatuk mau bobok uda malem Leptopnya aja uda kepanasan banget!!!!. he..he....

0 komentar, Klik Disini untuk komentar:

 
Copyright AGUS PRAYITNO © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.